JUDUL           : ANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN BERDAYA SAING (STUDI PADA DEALER HONDA TUNGGUL SAKTI)

 

TEMA             : ANALISIS SWOT SEBAGAI SALAH SATU STRATEGI PEMASARAN PERUSAHAAN

 

LATAR BELAKANG           :

Perkembangan bisnis di Indonesia belakangan ini semakin lama semakin menonjol akan kompleksitas, persaingan, perubahan, dan ketidakpastian. Keadaan ini menimbulkan persaingan yang tajam antara perusahaan, baik karena pesaing yang semakin bertambah, volume produk yang semakin meningkat, maupun bertambah pesatnya perkembangan teknologi. Hal ini memaksa perusahaan untuk lebih memperhatikan lingkungan yang dapat mempengaruhi perusahaan, agar perusahaan mengetahui strategi pemasaran seperti apa dan bagaimana yang harus diterapkan dalam perusahaan. Oleh sebab itu persaingan sangat penting bagi keberhasilan atau kegagalan suatu perusahaan, dimana pesaing dengan menggunakan pendekatan pasar adalah perusahaan-perusahaan yang memuaskan kebutuhan

pelanggan yang sama. Sehingga perusahaan harus lebih cermat membaca serta mengantisipasi keadaan pasar sehingga dapat menciptakan produk yang berkualitas,

memberikan pelayanan yang berkualitas yang dapat memuaskan konsumen sehingga

dapat memenangkan persaingan.

 

 

MASALAH    :

Suatu perusahaan dapat mengembangkan strategi bersaing dengan cara

mencari kesesuaian antara kekuatan-kekuatan internal perusahaan dan kekuatankekuatan

eksternal tersebut. Pengembangan strategi bersaing ini bertujuan agar

perusahaan dapat melihat secara objektif kondisi-kondisi internal dan eksternal

sehingga dapat mengantisipasi perubahan lingkungan eksternal, yang sangat penting

untuk memperoleh keunggulan bersaing dan memiliki produk yang sesuai dengan

keinginan konsumen dengan dukungan optimal dari sumber daya yang ada. Pentingnya strategi adalah merupakan alat untuk mencapai tujuan perusahaan jangka panjang dan terus menerus dilakukan berdasarkan sudut pandang tentang apa yang dihadapi oleh para pesaing dimasa depan untuk mencapai keunggulan bersaing. Sedangkan menurut Jauch dan Glueck (1993), strategi adalah rencana yang disatukan, menyeluruh, dan terpadu yang mengaitkan keunggulan strategi perusahaan dengan tantangan lingkungan yang dirancang untuk memastikan bahwa tujuan utama perusahaan dapat dicapai melalui pelaksanaan yang tepat oleh perusahaan. Pentingnya perusahaan mengetahui faktor-faktor kunci sukses eksternal dan internal lingkungan perusahaan merupakan nilai lebih untuk daya saing perusahaan. Faktor-faktor sukses tersebut misalnya kualitas produk, harga produk. Yang membuat analisis faktor-faktor lingkungan sangat penting bagi manajer atau manajemen puncak adalah:

1. Bahwa perusahaan tidak berdiri sendiri (terisolasi) melainkan berinteraksi

dengan lingkungan dan lingkungan itu sendiri.

 

2. Pengaruh lingkungan sangatlah kompleks dan dapat mempengaruhi masingmasing

bagian pada tiap bagian.

 

Pemasaran seperti halnya dengan ilmu pengetahuan, bersifat dinamis dan

selalu mengalami perubahan. Perubahan dalam dunia pemasaran merupakan suatu keharusan lantaran dunia bisnis sebagai induk dari pemasaran terus-menerus berubah menyesuaikan diri dengan kemajuan jaman (Gusnur, 2008). Pemasaran di suatu perusahaan, selain bertindak dinamis juga harus selalu menerapkan prinsip-prinsip unggul dimana perusahaan harus meninggalkan kebiasaan-kebiasaan yang lama yang sudah tidak berlaku dan terus menerus melakukan inovasi. Karena sekarang bukanlah jaman dimana produsen memaksakan kehendak terhadap konsumen, melainkan sebaliknya konsumen memaksakan kehendaknya terhadap produsen. Hal ini juga terjadi pada PT.Tunggul Sakti di Semarang. TUNGGUL SAKTI

merupakan sebuah Dealer Resmi Sepeda motor Honda yang berkantor pusat di Semarang. Selain menjadi dealer asli honda, PT.Tunggul Sakti memberikan pelayanan lain seperti showroom, bengkel, servis, dan menyediakan suku cadang bagi sepeda motor honda. Dibidang penjualan, honda memiliki beberapa kompetitorkompetitor dari perusahaan lain seperti Yamaha dan Suzuki. Dalam konteks ini, sesama dealer honda juga merupakan pesaing bagi PT.Tunggul Sakti. Selain itu, terdapat pula perubahan lingkungan dan minat konsumen, yang membuat PT.Tunggul

Sakti harus lebih sadar akan kebutuhan serta keinginan konsumen.

 

 

TUJUAN        :

Menentukan strategi perusahaan berdasarkan posisi bersaing dan jenis usaha perusahaan dengan menggunakan Analisis SWOT.