MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN KEGIATAN BISNIS

Dosen Pembimbing: Bapak Herry Sussanto, Dr.

Oleh : Kelompok 1

Deni Aprian Saputro (10209198 )

Destri Fitriana (11209206)

Dita Permata Sari (11209808)

Nidzat Qudratullah ( 13209349)

Kelas : 1EA07

UNIVERSITAS GUNADARMA

2009

KATA PENGANTAR

Assalamualikum Wr. Wb dan Salam sejahtera……

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa  yang telah melimpahkan rahmatnya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan tugas Dasar Pemasaran ini yang berjudul  ”Merencanakan dan melaksanakan kegiatan bisnis“. Tugas ini merupakan tugas tengah semester yang diberikan oleh dosen mata kuliah Dasar Pemasaran kami yaitu bapak Dr Herry Sussanto . Tahap pertama kami diperintahkan untuk merencanakan bisnis apa yang akan diciptakan, lalu menjalankan bisnis tersebut kemudian diakhir membuat laporan keuangannya.

Dalam kesempatan ini dengan segala kerendahan hati, kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, yang telah membantu, hingga terselesaikannya tugas ini.

Kami menyadari dalam pembuatan makalah ini masih belum sempurna, namun kiranya dibukakan pintu maaf bagi kami jika masih banyak kekurangan. Untuk itu kami mengharapkan kritik dan sarannya. Sekian dan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb

DEPOK,  27 Desember 2009

DAFTAR ISI

I Rencana Pemasaran……………………………………………………………………………………..4

II Penentuan Target Pasar……………………………………………………………………………………………4

III Rencana Pemasaran……………………………………………………………………………………………….6

IV Laporan Rencana Pemasaran…………………………………………………………………………………..7

V Proses Pendistribusian……………………………………………………………………………………………..8

I RENCANA PEMASARAN

Tahap yang harus dilakukan sebelum melakukan pemasaran yaitu dengan marketing mix. Menentukan :

☺ Price                                                                                               ☺ Product Mix

▪ Basic Price                                                                                     ▪ Produk line and Quality

▪ Allowances and deals                                                                     ▪ Brand

▪ Credit terms                                                                                    ▪ Package

▪ Transport terms                                                                              ▪ Service

Target Mix

▪ Object

▪ Objectives

▪ Organization

▪ Operations

☺ Promotion Mix                                                                               ☺ Place Mix

▪ Advertising                                                                                    ▪ Channel Types

▪ Personal Selling                                                                             ▪ Channel location

▪ Sales Promotion                                                                             ▪ Market

▪ Publicity                                                                                        ▪ Sales Teritiries

JENIS PRODUK YANG KAMI JUAL :

Rokok Herbal

LATAR BELAKANG MENJUAL PRODUK :

Tingginya pemakaian rokok di Indonesia sehingga merupakan sebuah peluang usaha                     bagi para pengusaha yang baru ingin menjajakan kakinya didunai bisnis usaha

Dengan modal yang tidak terlalu besar kita bisa mendapatkan keuntungan yang cukup                 besar

Mudah menentukan target pasar

II. PENENTUAN TARGET PASAR

Kita dapat menentukan target pasar kita dengan menggunakan metode segmentasi, yang meliputi :

☺ Demografi : a. Gender                                           ☺ Geografi

b. Usia                                                            a. Pantai

c. Status                                                         b. Pedesaan

d. Status Sosial                                              c. Pegunungan

e. Pendidikan                                                 d. Perkotaan

f . Pekerjaan

g. Agama

☺ Psikografi :

a.       Royal / boros

b.      Hati-hati / teliti

c.       Mewah

d.      Sederhana

III. RENCANA PEMASARAN

♣ Siklus Penjualan Produk

IV LAPORAN PELAKSANAAN RENCANA PEMASARAN

☺ Pendistribusian

Proses pendistribusian di lakukan dengan beberapa tahap

PRODUSEN

AGEN

Pemakai

Tabel penjualan

MODAL

NAMA BARANG

HARGA

SATUAN

QUANTITY

HARGA

MODAL

HARGA

JUAL

KEUNTUNGAN

50000

ROKOK HERBAL

1500

12

10000

12000

8000

V PROSES PENDISTRIBISIAN :

Proses pendistribusian yang kami lakukan dari kegiatan pemasaran kami adalah :

  1. Kegiatan pemilihan

i.            Fungsi akumulasi merupakan kegiatan pengumpulan dan penyimpanan persedian dari beberapa pemasok

ii.            Fungsi klasifikasi adalah kegiatan pengelompokan produk-produk kedalam tingkatan kualitas atau criteria lain.

iii.            Fungsi alokasi adalah kegiatan penguraian besaran atau jumlah unit persedian yang homogen menjadi besaran jumlah yang lebih kecil

iv.            Fungsi gabungan adalah kegiatan pengumpulan produk dari beberapa jenis produk menjadi kelompok produk untuk penggunaan yang berkaitan.

  1. Kegiatan pertemuan

Usaha memepertemukan produsen dengan konsumen. Kegiatannya meliputi usaha mencari informasi pasar yang lain serta mencari pelanggan.

  1. Kegiatan pertukaran

Usaha melakukan kegiatan negoisasi yang meliputi pertukaran barang. Kegiatan ini merupakan kegiatan pengiriman dan pembayaran barang. Pertukran tersebut meliputi beberapa keputusan yaitu :

  • Jumlah
  • Jenis
  • Waktu
  • Syarat-syarat pembayaran
  • Kondisi pertukaran yang wajar