GANDRUNG (KESENIAN BANYUWANGI)

Panggilan Jiwa yang Menari

* Menganalisis Sebuah Film:

Ë Dari Segi Pandangan Hidup

Tarian Gandrung Merupakan budaya kesenian dari daerah Banyuwangi. Fungsi dari tarian Gandrung sama seperti tarian yang lainnya, seperti tari tanda, ronggeng, yaitu sebagai tarian pergaulan. Ciri khas tersendiri dari gandrung yaitu tata cara, suara, tata busana, dan panggungnya.

Di dalam gandrung juga terdapat tahap-tahapnya, yaitu :

1.      Jejer Gandrung : Penari menyanyikan sendiri

2.      Pacu Gandrung : Penari melayani para tamu satu per satu

3.      Sedlang             : Penari gandrung bernyanyi dengan                                                    pantun-pantun penuh nasehat untuk                                                       penonton dan meminta maav atas aksinya

Sebagai warga negara Indonesia kita hrus dapat melestarikan budaya kita sendiri, ada 2 cara yang dapat dilakukan untuk melestarikan budaya kesenian, diantaranya yaitu :

1.      Jalur Tradisional : Prosesnya sangat alami dan pemberian                                          materinya tergantung pada                                                                 pembinanya.

2.      Jalur Pendidikan : Lebih berbobot dan formal

Ë Dari Segi Tanggung Jawab

Sebelumnya juga ada Gandrung Lanang. Gandrung Lanang yaitu, tarian gandrung yang ditarikan oleh penari laki-laki, erang-erang, embat-embat dengan pakaian wanita. Dilihatdari segi tanggung jawab, para penari lanang harus dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan profesional. Walaupun harus berpera sebagai wanita. Begitu juga gandrung wanita, penari – penari tersebut juga harus menjalankan tugasnya dengan baik dan harus memuaskan, serta melayani para tamu.

Ë Dari Segi Harapan

Saat ini peminat gandrung pun nyaris tidak ada, sudah jarang anak-anak muda yang tidak ingin bergabung dan menjadi gandrung. Hal ini mungkin disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu karena tahap pacu gandrung. Sang penari harus melayani para tamu satu per satu. Terkadang para tamu pun suka bersikap kelewat batas dan melakukan tindakan yang tidak diinginkan. Dengan begitu peminat gandrung pun menjadi menurun. Agar tetap dapat melestarikan budaya gandrung, maka haruslah dirubah image atau pandangan seperti itu. Penari-penari gandrung pun berharap semoga saja masih ada penerus-penerus penari gandrung selanjutnya.

Ë Dari Segi Keindahan

Gandrung merupakan sebuah kesenian. Seni itu merupakan suatu keindahan, begitu pun Tarian Gandrung. Para penari menarikan tarian ini dengan likukan-likukan badan yang gemulai. Keindahan pun nampak didalam tarian tersebut. Suara nyanyian penari yang merdu pun juga menghiasi keindahan aksinya.