BAB I

MERENCANAKAN BISNIS

Di era globalisasi ini, sudah saatnya bangsa Indonesia memikirkan cara mencari terobosan dengan menanamkan sedini mungkin tentang nilai-nilai kewirausahaan terutama bagi kalangan terdidik, terlebih lagi bagi warga Perguruan Tinggi. Penanaman nilai-nilai kewirausahaan bagi banyak orang diharapkan bisa menumbuhkan jiwa kreatifitas untuk berbisnis atau berwirausaha sendiri dan tidak tergantung pada pencarian kerja yang semakin hari ketat persaingannya. Kreatifitas ini sangat dibutuhkan bagi orang yang berjiwa kewirausahaan agar mampu mengindentifikasi peluang usaha yang kemudian mendayagunakannya untuk menciptakan peluang usaha baru. Nilai-nilai kewirausahaan sangat penting bagi orang yang akan memulai usaha, sehingga pengusaha akan berusaha untuk menciptakan inovasi dalam bisnis yang dijalankan sehingga produk yang dihasilkan bisa diterima dipasaran sebagai produk unggulan yang dicari konsumen.

Di era global ini, persaingan di antara sesama pebisnis atau pengusaha sangat ketat dan variatif baik persaingan di skala local, regional ,nasional maupun internasional. Maka pebisnis atau perusahaan menekankan pada inovasi yang penuh kreatifitas yang akan bisa bersaing, bertahan, unggul dan mempunyai nilai lebih. Nilai lebih tersebut yaitu wirausaha harus memiliki kemampuan dalam hal

berhubungan dengan masyarakat lainnya (interaksi), kemampuan dalam hal memasarkan barang, keahlian mengatur, serta sikap terhadap uang. Seseorang memiliki minat berwirausaha karena adanya suatu motif tertentu, yaitu motif berprestasi. Motif ini ialah suatu nilai social yang menekankan pada hasrat untuk mencapai yang terbaik guna mencapai kepuasan secara pribadi. Faktor dasarnya adalah adanya kebutuhan yang harus dipenuhi.

MOTIF DAN FUNGSI DARI SUATU BISNIS

Suatu bisnis adalah usaha yang menyediakan produk atau jasa yang diinginkan oleh pelanggan. Bisnis didirikan untuk melayani kebutuhan pelanggan oleh pemilik yang mencoba untuk memperoleh laba. Suatu bisnis menerima pendapatan ketika bisnis tersebut menjual produk atau jasanya, bisnis tersebut mengeluarkan beban dari membayar karyawannya dan ketika membeli mesin atau fasilitas. Selisih antara pendapatan dan beban adalah laba yang dihasilkan oleh bisnis tersebut. Laba tersebut akan diserahkan kepada pemilik bisnis. Dengan demikian, pemilik yang menciptakan suatu bisnis memiliki insentif yang kuat untuk memastikan bahwa bisnis tersebut berhasil,karna meraka secara langsung memperoleh manfaat dari usaha mereka.

* Bagaimana Motif Laba Dipengaruhi oleh Pemerintah *

Di Negara-negara sosialis bisnis biasanya dimiliki oleh Negara dan tidak berorientasi pada laba. Tanpa prospek untuk memperoleh laba, kebanyakan orang tidak mampu menciptakan bisnis dan harus menemukan bentuk alternative dari pekerjaan lain guna memperoleh pekerjaan.

Konsekuensinya, pelanggan tidak dapat memperoleh beberapa produk yang mereka inginkan.

* LIMA PEMEGANG KEPENTINGAN UTAMA DALAM BISNIS *

  • Pemilik (Owners): Setiap bisnis dimulai dari hasil ide mengenai barang dan                                   jasa oleh orang yang disebut wirausaha (entreprencur). Ia                      mengorganisasikan (Organize) dan mengelola resiko                                      yang dihadapi dari permulaan bisnis.
  • Kreditur (Creditors): Perusahaan memerlukan dana lebih dari pada yang                                         didapat dari pemilik. Kreditur dapat memberikan solusi                                  sebagai penyedia pinjaman untuk memulai bisnis. Contoh: Bank Mandiri, bank BNI dan sebagainya.
  • Pekerja (Employees): hasil ide pemilik untuk membangun bisnisnya, harus                                       didukung karyawan. Karyawan yang direkrut untuk                                        menyelenggarakan bisnis.
  • Pemasok (Suppliers): menyelenggarakan bisnis membutuhkan bahan                                               ( material ) yang dibutuhkan untuk produksi melalui                                       pemasok, produk yang dijual hendaknya harus                                                  berkualitas dan memiliki daya saing yang tinggi.                                      Produk kualitas harus melalui proses mengubah bahan                          berkualitas melalui cara produksi yang efektif, efisien                                           dan produktif.
  • Pelanggan (customer): tujuan akhir dari bisnis adalah sejauh mana produk                                          atau jasa dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan                                 pelanggan. Bagaimanapun perusahaan harus tahu                                           tentang apa kebutuhan dan keinginan pelanggan.Dengan                                demikian apa yang ditawarkan kepada mereka dapat                                      direspon dengan baik.

* MENCIPTAKAN IDE BISNIS *

Orang akan tertarik membangun bisnis hanya apabila mereka mengharapkan imbalan untuk usahanya. Imbalan tersebut diantaranya adalah:

  • Kesempatan mendapatkan imbalan yang besar
  • Menjadi atasan bagi mereka sendiri dari pada bekerja dengan orang kain.
  • Tertarik dengan tantangan.

Supaya bisnis berhasil, suatu perusahaan harus mempunyai keunggulan atau sifat unik atas produk atau jasanya.

* Lima Fungsi Utama Bisnis *

1.     Manajemen

Manajemen adalah kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen. Jadi dengan kata lain, segenap orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen dalam suatu badan tertentu disebut manajemen.

2.     Marketing

Marketing adalah kegiatan memasarkan sebuah produk yang akan dijual ke pasar atau konsumen.

3.     Accouting

Accouting adalah suatu proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah dan menyajikan data, transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat digunakan oleh orang yang menggunakannya dengan mudah dimengerti untuk pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya.

4.     Information System.

Information System adalah suatu jaringan yang mengolah system Untuk diinformasikan kepada masyarakat, umumnya berada intern informasi.

5.     Finance.

Finance adalah merencanakan, mengatur dan mengamankan transaksi keuangan perusahaan baik dana masuk ke perusahaan maupun dana keluar dari Perusahaan dengan efektif dan efisien

* Adapun fungsi dari manajemen adalah :

a.                              Planning

b.                             Organizing

c.                             Leading

d.                             Directing/Commanding

e.                              Motivating

f.                               Coordinating

g.                             Controlling

h.                             Reporting

i.                                Staffing

j.                                Forecast